OKEJOGJA » 

Pawai 30 Andong Bakal Semarakan Pimnas XXV

Prabowo - Okezone
Minggu, 8 Juli 2012 22:03 wib
Pawai 30 Andong Bakal Semarakan Pimnas XXV
Andong (foto: Koran SI)

YOGYAKARTA - Penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-25 yang akan berlangsung mulai 9 hingga 14 Juli mendatang akan diawali dengan pawai Andong dan Prajurit Keraton Yogyakarta.

Pawai akan diringan Marching Band dari mahasiswa-mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), yang dimulai sekira pukul 16.00 WIB. Rute pawai akan dimulai dari Asri Medical Center (AMC) UMY di Jalan HOS Cokroaminoto menuju Jalan Pembela Tanah Air. Selanjutnya, diteruskan ke jalan Pasar Kembang dan belok kanan melewati jalan Malioboro. Melintas keselatan terus hingga berakhir di Alun-Alun Keraton Yogyakarta.

Jumlah andong yang akan digunakan sebanyak 30 buah dengan ditumpangi lima orang terdiri dari empat orang peserta PIMNAS dan satu orang LO (Liaison Officer). "Jumlah peserta yang akan ikut pawai sekitar 150 orang. Andongnya nanti didekorasi dan diberi tulisan asal daerah dan perguruan tinggi mereka," kata koordinator pelaksana pawai, Endro Dwi Hatmanto, saat persiapan kegiatan pawai di Kampus Terpadu UMY, Minggu (8/7/2012).

Pawai kali ini menjadi hal yang membedakan Pimnas sebelumnya, karena ini kali pertama diselenggarakan dalam Pimnas. "Tujuan pawai ini untuk menautkan hati para peserta PIMNAS dengan khazanah kultural kota Yogyakarta," imbuhnya.

Endro menjelaskan, peserta yang mengikuti pawai karnaval difokuskan pada 150 peserta yang menginap di Hotel Edu, UNIRES UMY, dan beberapa hotel lainnya. "Setiap Perguruan Tinggi diminta untuk mengirimkan wakil yang akan ikut dalam karnaval tersebut dan penjemputan mereka akan menggunakan beberapa bis pada pukul 14.00 WIB untuk sampai di AMC," jelasnya.

Setelah mengikuti pawai, lanjut dia, para peserta akan mengikuti makan malam di Pagelaran Keraton Yogyakarta. "Pada acara makan malam nanti, para peserta akan di sambut Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubowono X dan disuguhkan beberapa kesenian khas Jogja," pungkasnya. 

(ris)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA »