Getting time...

OKEJOGJA » 

Ketinggian Muatan Penyebab Trailer Tabrak Jembatan

Nugroho Setyabudi - Okezone
Sabtu, 1 Desember 2012 22:02 wib
Truk trailer menabrak jembatan penyeberangan (Foto: Nugroho/Okezone)
Truk trailer menabrak jembatan penyeberangan (Foto: Nugroho/Okezone)

SEMARANG - Truk trailer nahas yang menabrak jembatan penyeberangan di ruas jalan Tol Banyumanik Kilometer 13, terjadi karena tingginya muatan melebihi standar ketinggian yang sudah ditentukan. Ketinggian muatan truk milik PT Samudra Perdana itu mencapai 5,2 meter, sedangkan batas ketinggian kendaraan yang melintas di tol seharusnya tidak melebihi 4,2 meter.

Marketing PT Samudra Perdana, Dede Sarkim menyatakan pengukuran terhadap muatan trailer sudah dilakukan."Memang ketinggian muatan pada truk mencapai tinggi 5,2 meter," katanya.

Namun Dede juga menyampaikan keheranannya, mengapa saat melintas di beberapa jembatan sebelumnya, truk bisa lolos."Ini aneh, kenapa hanya kena jembatan yang disini saja," ujarnya heran.

Akibat kejadian itu, jalan tol Semarang yang per harinya dilintasi sekitar 60.000 kendaraan, kini tampak sepi. Pengalihan dilakukan oleh pihak PT Jasa Marga dengan menggunakan pintu Tembalang atau langsung ke Ungaran. Kemacetan yang terjadi akibat kecelakaan tunggal itu terjadi selama hampir 2 jam.

Kepala cabang PT Jasa Marga Semarang Sari Purnawarman mengatakan bahwa jembatan yang ambruk kemungkinan akan diganti. Estimasi pembangunan jembatan baru diperkirakan mencapai sekira Rp2 Miliar. "Atas kejadian ini kami akan segera melakukan penggantian, biaya yang diperlukan untuk membangun kembali jembatan ini sekitar Rp2 Miliar," tutup Sari.

Seperti diberitakan sebelumnya, muatan mesin pemotong kayu yang dibawa truk trailer bernomor polisi H 1835 EW menghantam jembatan penyebrangan di kilomerter 13 jalan tol Semarang ruas Banyumanik. 

(ris)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA ยป