OKEJOGJA » 

Nyemplung Sungai, Puluhan Penumpang Terjebak di Dalam Bus

Nugroho Setyabudi - Okezone
Kamis, 24 Januari 2013 12:07 wib
Nyemplung Sungai, Puluhan Penumpang Terjebak di Dalam Bus
Bus PO Nusantara masuk ke sungai (foto: Nugroho S/okezone)

SEMARANG- Puluhan penumpang bus PO Nusantara terjebak dalam bus bernomor polisi  K 1531 BB.

Mereka terjebak dalam bus setelah bus yang mereka tumpangi tersebut masuk ke dalam sungai di sekitar KM 15 Jalan Semarang - Demak, Wonokerto Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, sekira pukul 08.00, Kamis (24/01/13) tadi.

Sebelum nyemplung di sungai, bus menabrak sebuah pohon yang berada di pinggir jalan.

Ani (50), salah seorang penumpang, mengatakan, bus jurusan Semarang-Lasem itu tanpa sebab yang jelas, tiba-tiba mengarah ke sisi kiri jalan dan menabrak pohon di pinggir jalan yang menghubungkan kota Semarang dan Demak itu.

"Saya tidak tahu apa sebab bus tiba-tiba lari ke sisi kiri dan langsung menabrak pohon. Kejadian sangat cepat, dalam hitungan detik bus kemudian masuk ke dalam sungai," kata Ani.

"Saya duduk di belakang, saya tidak bisa berbuat banyak. Penumpang saling tindih satu sama lain, saya tertindih beberapa orang penumpang. Semua panik mas," kata warga Tegal ini.

Sejumlah warga yang tinggal di dekat lokasi kejadian kemudian membantu kernet bus untuk mengeluarkan sekira 50 penumpang yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa dari dalam bus.

Kaca bus bagian depan digunakan beberapa penumpang untuk keluar, sedangkan lainnya ada yang langsung berusaha memcahkan kaca dibantu oleh warga dari bagian luar bus.

Rudi, kernet bus, mengaku mendengar ada suara ledakan beberapa saat sebelum bus keluar jalur.

"Saya sempat mendengar ada suara ledakan dari sisi kiri bus, setelah itu bus langsung oleng ke kiri, menabrak pohon dan masuk ke dalam sungai. Pohonnya ikut masuk ke dalam sungai terseret bus," terang Rudi.

Beruntung kecelakaan ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, kebanyakan penumpang mengalami luka ringan dan hanya satu yang mengalami luka parah. Penumpang yang terluka lalu dibawa ke RSUD Sunan Kalijaga. Sementara sopir bus sampai saat ini masih menjalani pemeriksaan di Kantor Satlantas Polres Demak.

Bus nahas yang sedang dalam perjalanan dari Terboyo, Semarang, menuju Lasem itu kini juga dalam proses pemindahan oleh Kepolisian. Arus lalin di sekitar lokasi kejadian sempat terganggu beberapa saat akibat kejadian itu. 

(kem)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA »