Getting time...

OKEJOGJA » 

3 Pecinta Alam Tewas, Jenazah Ditemukan Terkait di Tali

Rabu, 20 Maret 2013 08:14 wib
Evakuasi korban tewas di Gua Seropan II Gunungkidul (Foto: Markus Y/Sindo Radio)
Evakuasi korban tewas di Gua Seropan II Gunungkidul (Foto: Markus Y/Sindo Radio)

GUNUNGKIDUL - Kecelakaan yang menyebabkan tiga orang tewas di Gua Seropan II, Dusun Serpeng, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, DIY, disebabkan banjir bandang yang tiba-tiba menerjang ke dalam gua. Ketiga korban tewas ditemukan tergantung di tali.

Cahya Alkantana, Presiden Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia (Hikespi) , mengatakan, para korban merupakan peserta kegiatan pendidikan dan pelatihan SAR Sepeleologi. Kegiatan tersebut diikuti 60 peserta dan 14 instruktur.

“Kami melakukan rutin tiga bulan sekali,” tutur Cahya, Rabu (20/3/2013)

Dikatakannya, yang masuk ke dalam Gua Seropan II merupakan tim beranggotakan 20 orang ditambah empat pemandu. “Air tiba-tiba masuk ke mulut gua,” imbuh Cahya.

Regu penyelamat berusaha menyelamatkan korban, namun evakuasi terkendala cuaca dan kedalaman gua yang mencapai 40 meter.

Semua korban ditemukan di kedalaman 20 dan 30 meter. Mereka tenggelam dalam kondisi terkait kali. Sementara 21 orang lainnya berhasil menyelamatkan diri. “Sudah langsung diperingatkan, tetapi karena air sangat cepat,” ujarnya.

Pihak penyelenggara, lanjut Cahya, sudah melihat ramalan cuaca dan tidak ada tanda-tanda akan terjadi hujan deras, apalagi banjir bandang. Gua tersebut juga sudah sering digunakan untuk pelatihan.

“Kali ini tanpa diduga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena faktor kecelakaan alam,” ungkapnya.

Hicaspi sudah 30 tahun mengadakan pelatihan. Setiap tiga bulan, Hikespi mengadakan pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap mahasiswa pecinta alam se-Indonesia.

Sementara itu, korban tewas diketahui bernama Ganang Samudra asal Solo, Hevin Fahariza asal Purwokerto, dan Dian asal Yogyakarta.

“Atas nama panitia, saya akan bertanggung jawab dan meminta maaf kepada keluarga korban,” pungkasnya.
 

(Markus Yuwono/Sindoradio/ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA ยป