OKEJOGJA » 

Jokowi Sebut Acara Musrenbang Membosankan

Angkasa Yudhistira - Okezone
Selasa, 2 April 2013 10:38 wib
Jokowi Sebut Acara Musrenbang Membosankan
Foto: (dok okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghimbau kepada seluruh jajarannya di Pemerintah Provinsi DKI agar tidak menjadikan acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) sebagai seremonial belaka.

"Kegiatan Musrenbang jangan jadi sebuah kegiatan yang rutinitas, setiap tahun kita adakan terus, monoton seperti ini terus. Kita harus berani keluar dari acara rutinitas yang monoton. Berani menerobos, berani berbeda, tapi orientasi tetap pada hasil," ujarnya di Balai Agung, komplek Balai Kota Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Dalam menjalankan pemerintahan, sambungnya, memang tak bisa lepas dari prosedur yang telah berlaku. Namun, hasil dari sistem yang berjalan harus menjadi prioritas yang utama.

"Prosedur diikuti, tapi jangan orientasinya ke sana. Jadi orientasi hasilnya dilupakan. Jadi musrenbang tidak harus di dalam ruangan. Misalnya merencanakan perombakan sebuah wilayah, misalnya di Marunda. Wilayah perumahan bagi warga-warga menengah ke bawah di sana," tegasnya.

Bahkan, Mantan Wali Kota Solo ini menginginkan agar suatu saat acara musrenbang bisa digelar ditengah masyarakat, seperti di kawasan Marunda. Sehingga tak monoton berada didalam ruangan.

"Sehingga orang melihat perubahan di Marunda, dimulai dari semua rencana ini, tahun ini, arah tahun depan. Karena saya melihat, yang ngikuti saja bosen. Tidak usah ditutup-tutupi Bapak ibu ngikuti tiap tahun bosen ndak, bosen pasti," tuturnya.

Selain itu, orang nomor satu di Jakarta ini juga menginkan agar bawahannya berani untuk mengatakan tidak. "Contoh kemarin, misalnya pinjaman dari world bank. Saya dapat keluhan syaratnya rumit, syaratnya ruwet seperti itu. Dan pinjaman juga hanya Rp1,2 triliun, saya sampaikan silpa kita Rp10 triliun, ngapain kita pinjam Rp1,2 triIun saja di beri syarat yang rumit. Kalau syaratnya rumit tidak usah saja lah," tandasnya.

 

(crl)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA »