Getting time...

OKEJOGJA » 

Survei Pilgub Jateng, Bibit Waluyo Masih Terpopuler

Misbahol Munir - Okezone
Minggu, 7 April 2013 20:06 wib
Survei Pilgub Jateng, Bibit Waluyo Masih Terpopuler
Bibit Waluyo (kanan)

JAKARTA- Menjelang Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng), media survei nasional (Median) mengadakan survei terkait popularitas para kandidat dan partai-partai pendukungnya.

Survei yang melibatkan 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen itu merekam beberapa temuan penting, antara lain, tingkat popularitas Bibit Waluyo masih teratas, sebesar 80,8 persen, disusul Hadi Prabowo dengan raihan 65 persen, dan Ganjar Pranowo, 63 persen.

Hasil survei tersebut menunjukkan tingginya popularitas Bibit Waluyo tidak terlepas dari kedudukannya selaku incumbent, sehingga memudahkan dirinya hadir di tengah publik selama menjabat.

Namun menurut Direkur Eksekutif Median Rico Marbun, tingginya popularitas bibit itu tidak berbanding lurus dengan hasil evaluasi terhadap kinerja incumbent.

“Dari evaluasi terhadap kinerja incumbent, ditemukan bahwa hanya 40 persen saja publik Jateng yang puas, sedangkan 37 persen tidak puas, dan sisanya tidak tahu. Selain itu, survei juga menemukan bahwa 51,35 persen publik menginginkan Bibit diganti, hanya 37 persen meninginkan Bibit tetap memimpin, sedangkan sisanya tidak tahu,” papar Rico dalam keterangannya, Minggu (7/4/2013).
 
Survei yang dilakukan tanggal 23 Maret hingga 3 April ini, juga merekam beberapa faktor yang menjadi pertimbangan publik dalam memilih para kandidat.  “Selain itu, survei juga coba merekam sejauh mana faktor Jokowi effect berpengaruh terhadap pilihan publik, namun faktor dukungan Jokowi hanya 1,1 persen. Selain itu, faktor dukungan megawati juga sangat kecil sekali, yaitu hanya 0,4 persen,” katanya. 

(ugo)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA »