OKEJOGJA » 

Taufiq Kiemas Disomasi Adik Iparnya

Tegar Arief Fadly - Okezone
Senin, 15 April 2013 16:24 wib
Taufiq Kiemas Disomasi Adik Iparnya
Taufiq Kiemas bersama Presiden SBY (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ketua MPR Taufiq Kiemas disomasi adik iparnya, Rachmawati Soekarnoputri, terkait sosialisasi empat pilar kebangsaan. Somasi itu menekankan agar MPR tidak lagi menggunakan istilah ‘empat pilar’ yang dikaitkan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut adik kandung Megawati Soekarnoputri ini, penggunaan kosakata empat pilar merupakan bentuk penyesatan dan pengaburan bila dikaitkan dengan etimologi kata 'Pilar' dengan kalimat 'Empat Pilar Negara'.

"Saya sangat mendukung upaya MPR untuk mensosialisasikan kembali Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Namun tidak setuju adanya penggunaan kosakata 'Empat Pilar'," kata Rachmawat di Gedung DPR, Senin (15/4/2013).

Penggunaan istilah empat pilar, sambung dia, berpeluang memunculkan polemik politik, hukum, dan sosial, serta dikhawatirkan akan menimbulkan penyimpangan anggaran dan pelanggaran hukum atas nama 'Sosialisasi Empat Pilar' yang menggunakan uang negara melalui APBN.

Karena itu, Rachmawati meminta agar MPR segera mencabut penggunaan kata tersebut. "Meminta kepada Ketua MPR RI untuk mencabut penggunaan kosakata Empat Pilar selambat-lambatnya sampai dengan tanggal 1 Mei 2013," tegasnya.

Jika nantinya Ketua MPR Taufiq Kemas tak mengindahkan somasi ini, maka Rachmawati akan menggunakan jalur hukum. "Berkas somasi tersebut ditembuskan kepada Presiden, Ketua DPR RI, Ketua MK, Ketya MA dan para Ketua partai politik," pungkasnya.
 

(ded)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA »