Getting time...

OKEJOGJA » 

2.000 Surat Suara Pilgub Jateng di Karanganyar Rusak

Bramantyo - Okezone
Senin, 6 Mei 2013 16:18 wib
2.000 Surat Suara Pilgub Jateng di Karanganyar Rusak
Ilustrasi

KARANGANYAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menerima sedikitnya 2.000 lembar surat suara Pilgub Jateng yang rusak. Kemungkinan jumlah surat suara yang rusak bakal bertambah hingga penyortiran rampung.

Divisi Sosialisasi KPU Karanganyar, Sutopo, menjelaskan, kerusakan surat suara meliputi adanya bercak hitam pada gambar pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur dan ada yang berlubang. Surat suara tiba pada Sabtu, 4 Mei 2013.

“Surat suara yang rusak telah kami pinggirkan sendiri dan menunggu perintah apakah surat suara yang rusak ini dikembalikan atau kami hancurkan sendiri. Kami segera melaporkan jumlah surat suara yang rusak ke KPU Provinsi Jateng agar dikirim surat suara pengganti," jelas Sutopo kepada okezone, di Karanganyar,Jawa Tengah, Senin (6/5/2013).

Menurutnya, proses penyortiran dan pelipatan akan melibatkan ratusan warga setempat. Mereka membentuk 10 kelompok yang terdiri dari 10 orang per kelompok. Setiap hari, mereka bekerja melipat surat suara mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

“Targetnya dua-tiga hari mendatang penyortiran dan pelipatan surat suara rampung,” paparnya.

Untuk melakukan pengawasan dan pengamanan, aparat Kepolisian disiagakan di lokasi penyortiran. Mereka disiagakan hingga proses penyortiran dan pelipatan suara suara rampung.

Sementara Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Karanganyar, Kustawa Esye, menyatakan pihaknya juga telah menerima logistik penyelenggaraan pemungutan suara antara lain kartu undangan pemilih atau C6, visi dan misi pasangan cagub-cawagub dan alur pemungutan suara.

Dilanjutkannya, surat suara yang telah disortir dan dilipat bakal dikirim ke setiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) paling lama pada  20 Mei. Selanjutnya, PPK di setiap kecamatan bakal mendistribusikan surat suara ke setiap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Sesuai jadwal, surat suara bakal didistribusikan ke setiap PPK pada 18-19 Mei dan langsung dikirim ke setiap KPPS,” imbuh Kustawa. (ris) 

(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA »