Getting time...

OKEJOGJA » 

Terinspirasi Jokowi, Hadi Prabowo Janjikan Kartu Jateng Sejahtera

Bramantyo - Okezone
Sabtu, 11 Mei 2013 17:06 wib
Hadi Prabowo (foto: Bramantyo/Okezone)
Hadi Prabowo (foto: Bramantyo/Okezone)

KARANGANYAR - Kartu Jakarta Sehat salah satu program unggulan yang diusung Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilkada DKI Jakarta hingga mengantarkannnya menjadi Gubernur. Rupanya hal itu menginspirasi pasangan Hadi Prabowo dan Don Murdono (HP-Don) dalam Pilgub Jateng 2013 dengan meluncurkan kartu Jateng Sejahtera.

Kepada sekitar 100 kader partai pendukungnya  yang hadir dalam kegiatan kampanyenya di DPD Partai Keadilan Sejahter (PKS) Karanganyar, Hadi mengaku akan menyediakan pelayanan untuk warga kalau terpilih menjadi Gubernur Jawa Tengah.

“Kami meluncurkan kartu Jateng Sejahtera. Kartu ini manfaatnya lebih luas, tidak hanya terbatas pada bidang kesehatan saja. Namun nantinya bisa bermanfaat bagi seluruh warga Jawa Tengah,” ujar Hadi di Karanganyar, Sabtu (11/5/2013).

Dia mengatakan di kartu terdapat kolom foto dan identitas pemilik sesuai dengan kartu tanda penduduk (KTP). Selain bsa digunakan untuk perawatan di Puskesmas dan rawat inap di rumah sakit secara gratis, kartu tersebut juga dapat untuk pembuatan akte kelahiran gratis, bedah rumah tak layak huni, dan lainnya.

Menyangkut alokasi dana, sambungnya, akan ditanggung pemerintah provinsi, kota dan kabupaten. "Komposisinya 60 persen ditanggung pemprov, sisannya 40 persen akan ditanggung daerah. Namun, kalau APBD daerah tersebut keberatan menanggung kartu Jateng Sejahtera, maka Pemprov akan sepenuhnya menanggung dana tersebut," ungkap Hadi.

Hadi menambahkan, setiap warga yang mendapatkan kartu Jateng Sejahtera akan mendapatkan jaminan sebesar Rp2-3 juta. Selain akan memberikan kartu, Hadi juga siap memberikan dana operasional bagi setiap desa antara Rp25 juta sampai Rp50 juta.

”Program yang ditawarkan ini tidak ngoyoworo, tapi sesuai kebutuhan dan keinginan masyarakat Jateng,” pungkasnya.
 

(ris)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA ยป