Topik » TNI , pemerkosaan ,
Getting time...

OKEJOGJA » 

Nasib Satinah Ditentukan Hari Ini, Keluarga Cemas

Kamis, 13 Juni 2013 11:51 wib
Nasib Satinah Ditentukan Hari Ini, Keluarga Cemas
Keluarga membawa foto Satinah (Foto: Zahirul H/Sindo TV)

SEMARANG - Setelah enam bulan mendapat perpanjangan waktu untuk mengumpulkan uang denda atau diyat, nasib Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi, Satinah binti Jumadi, akan ditentukan hari ini.

Keluarga Satinah di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, hari ini menanti kabar penuh kecemasan. Pasalnya, nasib akan ditentukan dalam rapat di tingkat Kementrian Luar Negeri pada Kamis (13/6/2013).

Anak Satinah, Jumari, berharap hasil rapat itu membawa angin segar ibunya dapat kembali ke Tanah Air dengan selamat. Meski hingga saat ini belum ada kepastian terpenuhinya jumlah diyath yang diminta oleh keluarga Nura Al-Garib.

“Jumlah diyat sebesar 7 juta riyal (sekira Rp25 miliar) sebelumnya harus dibayar pada enam bulan lalu, karena uang yang terkumpul belum tercukupi Pemerintah Indonesia meminta batas waktu pengumpulan uang denda diundur hingga hari ini,” kata Jumari, Kamis (13/6/2013).

Uang denda tersebut muncul, setelah Pengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman pancung terhadap Satinah, karena dianggap membunuh majikannya, Nura Al-Garib. Pihak keluarga Nura bersedia membatalkan hukuman pancung, asal Satinah membayar uang denda.

”Keluarga tidak mengetahui jumlah uang yang terkumpul untuk pembayaran diyat, karena uang tersebut dikumpulkan oleh Kementerian Luar Negeri,” tutur kakak Satinah, Paeri.

Sementara pada enam bulan lalu, uang yang terkumpul sebanyak 4 juta riyal. Uang tersebut berasal dari berbagai sumbangan yang menaruh simpati kepada TKI malang itu. 
 

(Zahirul Huda/Sindo TV/tbn)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA »