Getting time...

OKEJOGJA » 

Sidang Kasus Cebongan Tak Dihadiri Komandan Kopassus

Prabowo - Okezone
Selasa, 18 Juni 2013 23:12 wib
Sidang Kasus Cebongan Tak Dihadiri Komandan Kopassus
Prajurit Kopassus berbaris (Foto: Prabowo/Okezone)

YOGYAKARTA - Sidang perdana kasus yang menyeret 12 prajurit TNI AD di Pengadilan Militer (Dinmil) II-11 Yogyakarta bakal digelar pada Kamis, 20 Juni. Namun, sidang kasus penyerangan di Lapas Kelas IIB Cebongan pada 23 Maret lalu itu, tidak akan dihadiri Komandan Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan, Kartosuro, Sukoharjo.

"Saya banyak tugas di luar, kemungkinan besok Kamis saat persidangan tidak bisa datang," kata Komandan Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan, Letkol Muh Aidi, di Taman Makam Pahlawan, Yogyakarta, Selasa (18/6/2013).

Meski demikian, kata Aidi, ada anak buahnya yang hadir untuk melakukan pemantauan. "Kalau prajurit kami, nanti pasti ada yang datang. Hanya memantau saja," kata Aidi yang saat penyerangan terjadi, tongkat komando Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan belum berada di tangannya. 

Aidi berharap persidangan berjalan secara lancar tanpa gangguan. Dia juga berharap 12 prajurit Kopassus itu mendapat keringanan hukuman.

"Saya berharap mereka mendapat keringanan karena sudah secara kesatria mengakui kesalahannya," paparnya.

Aidi menegaskan tidak ada dendam antara 12 pasukan elite itu dengan empat orang yang ditembak mati. Sebab, di antara mereka tidak pernah bertemu dan tidak saling kenal.

"Mereka melakukan itu (penyerangan) karena jiwa solidaritas, sebelumnya mereka tidak kenal satu sama lain," imbuhnya.  

(tbn)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA »