Getting time...

OKEJOGJA » 

Sultan HB X: Perusak Makam Tak Punya Akal Sehat

Prabowo - Okezone
Rabu, 18 September 2013 12:32 wib
Sri Sultan (foto: Koran SI)
Sri Sultan (foto: Koran SI)

YOGYAKARTA - Gubernur DIY Sultan Hamengkubowono X menilai pelaku pengerusakan makam Ki Ageng Prawiroporbo tidak memiliki agal sehat.

Raja Kraton Yogyakarta itu tidak mengerti, apa maksud dari pengrusakan yang dilakukan massa pada Senin, 16 September malam.

"Apa engak punya logika dan akal sehat, kok bisa seperti itu, bagi saya engak ada logika (perusak makam),"  kata Sultan HB X menjawab pertanyaan wartawan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (18/9/2013).

Sultan memandang, pengerusakan itu merupakan tindakan yang salah dari segi apapun. Dia menyayangkan terjadi pengerusakan di tempat pemakaman tersebut.

"Mestinya tidak perlu terjadi (pengerusakan) karena bukan kesalahan yang meninggal. Kalau dikatakan syirik, yang salah adalah yang datang," jelasnya.

Sultan tidak habis pikir ada sekelompok massa melakukan pengerusakan. Dia merasa hal itu aneh karena di luar akal sehat manusia normal.

Disinggung langkah ke depan, Sultan belum memikirkan masalah tersebut. Dia berharap, pelaku pengerusakan segera ditangkap untuk diketahui motifnya. "Harapannya jangan terjadi lagi," pungkasnya.

Rencananya, siang nanti sekira pukul 14.00 berbagai elemen di Yogyakarta akan melakukan aksi keprihatinan dan berdoa di makam tersebut. Massa aksi yang direncanakan menggunakan baju jawa juga akan mengirim doa di makam Cucu Sultan HB VI tersebut.

Sebagaimana diketahui, makam di Jalan Kusumanegara tak jauh dari Kompleks Taman Makam Pahlawan itu dirusak sekelompok orang pada Senin, 16 September 2013 malam sekira pukul 23.00 wib. Mereka juga menulis dengan cat semprot warna putih dengan tulisan 'Syirik Musrik'. 

(kem)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA ยป