Getting time...

OKEJOGJA » 

Perampokan Rp900 Juta di Gudang Minyak Goreng Diotaki Satpamnya

Bramantyo - Okezone
Selasa, 22 Oktober 2013 13:20 wib
Perampokan Rp900 Juta di Gudang Minyak Goreng Diotaki Satpamnya
Polisi menunjukkan banrang bukti uang hasil merampok (Foto: Bramantyo/Okezone)

KARANGANYAR - Aksi perampokan gudang minyak goreng PT Vinoli di Jalan Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, ternyata diotaki petugas keamanannya. Kawanan perampok yang menggasak Rp900 juta itu dibekuk tim Resmob Reskrim Polres Karanganyar kurang dari 48 jam.

Dua dari tiga pelaku perampokan terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena mencoba kabur saat polisi menggerebek di rumah para pelaku di Desa Batujamus, Kecamatan Kerjo, Karanganyar.

Kapolres Karanganyar, AKBP Martireni Narmadiana, mengatakan, terungkapnya perampokan yang diotaki petugas keamanan PT Vinoli, Hery Winarno (30), setelah polisi memeriksa 10 saksi. Selain itu, petugas juga menemukan kejanggalan pada perampokan PT Vinoli Makmur Cabang Karanganyar tersebut.

Dari rekaman kamera pengintai (CCTV) terlihat Hery Winarno, tersebut tidak melakukan perlawanan saat disekap dua pelaku. Bahkan, saat mulutnya dilakban serta diikat tangan dan kakinya, warga Desa Batujamus, Kecamatan Kerjo, Karanganyar, itu diam saja.

Dalam rekaman CCTV juga terlihat para pelaku dengan cepat mengetahui letak brankas tanpa mengobrak-abrik isi kantor termasuk menjebol tiga pintu ke tempat brankas. Para pelaku juga mengetahui tempat penyimpan brankas dilengkapi kamera CCTV, sehingga mereka naik melalui atap agar lolos dari mata kamera CCTV.

“Dari bukti-bukti itulah akhirnya pemeriksan mengarah pada satpam. Setelah satpam Vinoli kami korek keterangannya, akhirnya satpam tersebut mengakui perampokan itu sudah direncanakan dua hari sebelumnya,” jelas Martireni, di Mapolres Karangnyar, Selasa (22/10/2013).

Dari pengakuan tersebut polisi menangkap Aryadi (30) pekerja bengkel las listrik dan Tri Nuryanto (32) berperan sebagai sopir dengan menggunakan mobil Xenia milik sebuah rental mobil.

Polisi masih mengejar satu pelaku lainnya yang identitasnya sudah diketahui berinisial IP. Ketiga pelaku dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun.

Diberitakan sebelumnya, gudang minyak goreng di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, disatroni perampok, Minggu 20 Oktober malam. Usai menganiaya dan menyekap petugas keamanan gudang, perampok menggasak brankas berisi lebih dari Rp900 juta. 

Petugas Polres Karanganyar melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) setelah menerima laporan perampokan di gudang minyak goreng milik PT Vinoli di Bejen. Polisi menyisir lokasi untuk mencari bukti dan sidik jari.
 

(tbn)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA »