Getting time...

OKEJOGJA » 

Dampak Abu Vulkanik Gunung Kelud, Dua Penerbangan Dibatalkan

Timotius Aprianto - Okezone
Jum'at, 14 Februari 2014 11:16 wib
Dampak Abu Vulkanik Gunung Kelud, Dua Penerbangan Dibatalkan
Antrean penumpang di loket Bandara Ahmad Yani Semarang (Foto: Timotius/okezone)

SEMARANG - Dua penerbangan milik maskapai penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang, dibatalkan, menyusul hujan abu vulkanik dari meletusnya Gunung Kelud yang berimbas hingga ke Jawa Tengah.

Kedua penerbangan tersebut milik maskapai Wings Air dengan rute Semarang-Surabaya yang rencananya berangkat pukul 06.15 WIB dan rute Semarang-Denpasar yang rencananya berangkat pukul 06.30 WIB.

General Manager PT Angkasapura I Bandara Ahmad yani Semarang, Priyo Jatmiko, mengatakan, pembatalan penerbangan dikarenakan Bandara Juanda Surabaya sebagai tujuan ditutup akibat hujan abu vulkanik.

Demikian pula dengan penerbangan menuju Denpasar dibatalkan karena kondisi cuaca yang dilewati juga tidak memungkinkan bagi penerbangan.

"Awan di atas Surabaya yang dilintasi dipenuhi abu vulkanik, dikhawatirkan akan tersedot ke mesin pesawat sehingga membahayakan," ungkapnya.

Meski demikian, kondisi Bandara Ahmad yani masih normal, khususnya untuk penerbangan dari Semarang ke Jakarta dan Semarang ke Kalimantan. Pihaknya akan terus melakukan pemantauan cuaca untuk memastikan keamanan penerbangan.

"Kita akan pantau terus. Jika memang dinilai akan mengganggu keselamatan, tidak menutup kemungkinan kita akan tutup bandara, saat ini masih normal," ujarnya.

Priyo menambahkan, pihaknya telah memberikan peringatan kepada maskapai penerbangan dengan kondisi cuaca yang ada saat ini.

Terkait dengan penutupan Bandara Adi Soemarmo, Yogyakarta dan Adi Sucipto, Solo, Priyo mengatakan, hingga kini belum ada pengalihan penerbangan ke Bandara Ahmad yani Semarang.

"Tentunya penutupan Bandara Solo dan Yogya akan berimbas ke kami, tapi hingga kini belum ada pengalihan penerbangan," tegasnya. 

(kem)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BACA JUGA »